Membicarakan pendidikan, tema yang selalu disinggung yakni; three centre of education. Tema ini tidak luput dari studi pendidikan. Places ini perlu diketahui karena dari ketiga domain inilah ilmu itu diwariskan kepada peserta didik.
Tga domain pendidikan itu yakni; pendidikan informal, formal dan non formal. Ketiga domain ini kenal dengan statement “three centre of education”, tiga pusat pendidikan. Ketiga pusat studi ini memiliki karakteristik berbeda. Masing-masing centre ini mempunyai batasan dan kewenangan khusus dalam proses transfer pengetahuan kepada anak didik.
Ketiga centre pendidikan ini mesti dipandang proporsional atau equal dalam kerangka besar peningkatan kualitas peserta didik. Tiga domain ini mesti dilihat sebagai sektor penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran generasi akan datang, bermakna setiap centre berkontribusi menyukseskan pembentukan kaarakter anak bangsa.
Ketiga centre ini tidak boleh dipisahkan, apalagi dikesampingkan salah satunya. Apabila hal itu terjadi, maka dapat dipastikan proses pembentukan generasi tidak sempurna. Ketiga domain itu harus terintegrasi setara dalam satu tujuan. Jika dipisahkan hanya untuk kebutuhan klasifikasi, yang bertujuan guna memudahkan interpretasi masing-masing centre.
Sinopsisnya, ketiga domain pendidikan itu tidak boleh dipisahkan dalam bentuk partial, karena berdampak secara directly pada pencapaian tujuan pendidikan.

