Tradisi Akademik

Tradisi akademik selain riset, diskusi, seminar, debatable, yang paling populer “Wisuda Sarjana”. Wisuda dapat disebut perayaan akademik atau selebrasi akademik. Sebab, wisuda batas akhir tahapan kesarjanaan.Mereka yang lulus akan dianugerahkan gelar, dan mereka berhak menyandangnya.

Dalam seremoni Wisuda, ada prosesi yang luar biasa, dan itu bagian dari tradisi akademik, yakni; “menghargai prestasi”. Prestasi esensi dari aktivitas seseorang, karena ia mampu melewati batas standard.

Prestasi merupakan barometer kinerja akademik, maka respektasi dibutuhkan untuk memotivasi dan penguatan pada kompetensi. Sikap yang paling arif ketika mampu menghormati mereka yang berprestasi.

Menghargai prestasi adalah sikap menghormati ilmu dan memuliakan mereka yang sukses. Tradisi akademik ini mesti dilakukan dan diberikan bagi siapapun yang mampu meraih sukses.

Penghargaan diberikan ketika seseorang mencapai level tertinggi, misalnya; capaian akademik maksimal, yakni; prediket “comloude”. Atau prestasi dibidang lain ketika mampu meraih sukses.

Tradisi ini adalah tradisi ilmiah, dimana kampus memberikan pujian kepada siapa saja yang capaian akademiknya melampaui batas standard. Tradisi baik ini mesti dipertahankan supaya dapat menghormati mereka yang berprestasi. Bentuk penghargaan atas prestasi variatif, yang terpenting adalah keinginan untuk menghargai prestasi yang diperlukan.

Kampus adalah zona akademik, dan seluruh aktivitasnya ilmiah. Kampus juga oase keilmuan dan terbuka untuk perubahan. Tidak rigid tetapi dinamis, dan sejalan dengan karakter ilmu yang dinamis.

Dipenghujung tahun 2020, Selasa, 29 Desember adalah hari bersejarah bagi saya, dimana bisa hadir dan memberikan sambutan akademik pada event bergengsi, yaitu; Wisuda Sarjana. Karena, Wisuda bagian akhir dari bab kesarjanaan.

Pada acara Wisuda, saya menyaksikan para sarjana dilantik, berikrar dan disumpah untuk tetap konsisten dan komitmen pada ilmunya.

Saya juga diberi kesempatan untuk memberikan kata sambutan sekaligus menyerahkan penghargaan untuk lulusan “Comloude”, dan menyerahkan plakat penghargaan kepada Walikota Langsa, yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Langsa, Ir. Said Machdum Majid, MT, yang didampingi Ketua STIKes Bustanul Ulum Langsa Risnati Malinda, SST, M.Keb dalam acara Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana STIKes Bustanul Ulum Langsa.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Milad HMI - Azzawiy id

Related Posts